1.1 Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah suatu sarana
(media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen
informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara
sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau
sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:
a.
Multimedia Linier
Multimedia linier adalah suatu
multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan /
lurus), contohnya : TV dan film.
b.
Multimedia interaktif
Adalah suatu multimedia yang
dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse,
keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga
pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contohnya
seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan
semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas
(rancangan).
1.2 Tujuan dan Manfaat Multimedia
Pemanfaatan
multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar, antara lain:
·
Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
·
Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
·
Merancang panca indra, karena bersifat visual
·
Memberikan kemudahan pemakaian.
1.3 Elemen
Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami,
dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada
mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut
antara lain :
I.
Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana
dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak
banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media
teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper
text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk
kode ASCII.
·
Plain
text tidak terenkripsi
maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
·
Rich
format text merupakan
sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
·
Hypertext, biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking),
dan non linear, contohnya adalah HTML dan XML
II.
Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan
menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga
menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding
bantuk gambar atau grafik biasa.
III.
Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu
informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu:
a.
Grafik
Bitmap
Bitmap
disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau
pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan
ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau
gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran
cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
b.
Grafik
Vektor
Grafik
vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk
menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua
dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan
koordinat, ukuran , ketebalan dan sudut. Grafik vektor cenderung
berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) ,
vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
IV.
Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan
dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak
berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible image,
non visible image dan abstract image.
·
Visible
image : gambar yang terlihat
seperti lukisan , foto
·
Non
visible image : suatu
objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti
pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
·
Abstrak
: gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
V.
Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia
dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media informasi
seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana
bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis
suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara. Selain itu suara
juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
MIDI ( Musical Instrument Digital
Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari
instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau
merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air
dan lain-lain
WAVE merupakan jenis
format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis
suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
VI.
Video
Video seperti layaknya animasi namun video lebih
cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung.
Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar ,
suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan
informasi lebih lengkap dan menarik.
1.4 Konsep Dasar
Warna dalam Multimedia
a.
RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan
sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan
elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan
untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah
hitam.
b. CMYK ( Cyan Maggenta
Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta,
yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan
referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna)
adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan
berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu
sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat
khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses
ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar